Kapolda Jambi Apresiasi Kampung Donor Darah di Muaro Jambi

SELOKO.ID, Muaro Jambi – Dusun Kenali Kecil, RT. 07, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi di nobatkan jadi kampung donor darah di Provinsi Jambi.

Puluhan warga dan anggota dari sejumlah komunitas klub mobil di Jambi turut berpartisipasi dalam aksi donor darah ini.

Peresmian kampung donor juga turut dihadiri langsung dari PMI Kota Jambi, PMI Kabupaten Muaro Jambi, TNI dan Polri, Minggu, 18 Desember 2022.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono menyambut baik Kegiatan tersebut. Kapolda sangat mengapresiasi dan mendukung Dusun Kenali yang telah dijadikan sebagai kampung donor darah.

“Saya sangat mendukung kegiatan tersebut. Alhamdulillah acaranya berjalan lancar. Saya mohon maaf karena kondisi saya yang tidak memungkinkan untuk hadir di acara tersebut, “ujar Kapolda Jambi, melalui pesan singkatnya, Minggu (18/12/22).

Dijadwalkan sebelumnya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi akan hadir dalam pencanangan Kampung donor darah ini, namun karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan, beliau berhalangan untuk hadir.

(foto:ist)

Selain Pencanangan Kampung Donor darah, Ada sejumlah kegiatan lainya yang dilaksanakan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, pasar murah Bulog, dan juga aksi donor darah.

Bagi peserta yang mengikuti donor darah, Kepolisian Daerah Jambi juga berpartisipasi dengan memberikan bingkisan kemasan 2 liter minyak goreng dengan total sebanyak 200 kemasan.

“Alhamdulillah Kampung kami dinobatkan sebagai kampung donor darah. Setidaknya ya setetes darah kita sangat bermanfaat untuk orang lain. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Kapolda Jambi yang telah berpartisipasi dalam acara ini. sekali lagi terima kasih bapak Kapolda, semoga beliau lekas pulih, kembali beraktivitas sperti biasa,” kata Asep, Ketua pelaksanan kegiatan disela-sela acara.

Kampung Dusun Kenali Kecil dinobatkan menjadi kampung donor darah. Ini berawal dari adanya permintaan dari warga lain yang saat itu kesusahan untuk mendapatkan darah.

atas inisiatif tersebut, sejumlah warga di lingkungan RT. 07 ini siap untuk mendonorkan darah mereka, kapan pun saja bila dibutuhkan selalu siap.

” Ini suatu penghargaan sangat besar bagi kami, semua masyarakat disini selalu siap, alhamdulillah semua masyarakat sudah dibekali sertifikat dari PMI, ini sudah kali ke tiga aksi yang kami lakukan,”jelas Karmin, ketua RT.07, Desa Mendalo Darat.

Karmin menambahkan, dengan ditetapkan kampung donor darah, warga lingkungan sekitar maupun masyarakat luar sangat mendukung, bahkan hari ini tercatat ada 300 warga dan dan sejumlah komunitas yang ingin bergabung dan mendonorkan darahnya.

“Masyarakat sangat mendukung sekali apa kegiatan yang kita lakukan. Mudah-mudahan mudahan warga khusus nya di mendalo darat, dan warga rt yang lainya untuk dapat sama-sama mendukung program tersebut, dan bisa berkembang didaerah lain,” Harap Karmin. (Red)