101 Atlet Diberangkatkan ke PON XX Bertahap, Target 13 Mendali Emas

Usai upacara persiapan keberangkatan ke PON XX Papua. (Foto: SELOKO.ID)
Usai upacara persiapan keberangkatan ke PON XX Papua. (Foto: SELOKO.ID)

SELOKO.ID | JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris memimpin upacara persiapan keberangkatan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Kontingen asal Jambi yang berangkat ke pekan olahraga tersebut terdiri dari 159 orang. Sebanyak 101 orang di antaranya merupakan atlet. Lalu, 30 orang pelatih, dan 28 officer.

Keberangkatan mereka dimulai pada tanggal 19 September nanti. Tidak dilakukan secara sekaligus, melainkan bertahap.

Al Haris berpesan pada kontingen Jambi itu, agar berhati-hati di tengah pandemi COVID-19. Jangan sampai di antara rombongan ini malah ada yang terpapar COVID-19.

“Mudah-mudahan atlet Jambi bisa bersaing di tingkat nasional, dan bisa membawa harum nama Jambi tentunya,” ujarnya, Sabtu (11/9).

Para atlet ditargetkan Gubernur Jambi mendapatkan 13 mendali emas dalam PON XX Papua. Ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang unggul dari Jambi. Para atlet yang meraih mendali emas, dijanjikannya dapat bonus Rp 300 Juta.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan menyampaikan keberangkatan ini dilakukan secara bertahap, dimulai pada tanggal 19 September tahun 2021.

“Karena kondisi COVID-19. Sehingga harus dijadwalkan. Tidak seperti PON tahun lalu,” katanya.

Ia pun mengatakan pihaknya bersama kepolisian sudah memenuhi aspek keamanan, sebagaimana yang diinstruksikan Kepala Polri.

“Kita dapat instruksi Kapolri untuk membawa personel kemanan masing-masing. Jambi sendiri membawa personel keamanan berjumlah 20 orang. Tapi, tetap di lokasi PON ada unsur kemanan,” tuturnya.

Mengenai uang saku para atlet bakal dicairkan pada minggu depan atau 3 hari sebelum berangkat. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi mengklaim tidak ada kendala dalam persoalan itu.

Pemerintah Provinsi Jambi sendiri menganggarkan dana sekitar 12,5 Miliar untuk mengikuti PON XX Papua. Dana itu digunakan untuk biaya pelatihan, transportasi, penginapan, uang saku atlet, dan sebagainya. (Sob)