Ketua RT Diminta Gencar Sosialisasikan Prokes Covid-19

  • Share
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana. SELOKO.ID/Istimewa.
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana. SELOKO.ID/Istimewa.

SELOKO.ID | KOTA JAMBI– Para Ketua RT di Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi diminta untuk terus mensosialisasikan dan menggaungkan penerapan protokol kesehatan (prokes) ke tengah-tengah masyarakat.

Langkah ini dilakukan guna mencegah penyebaran kasus Covid-19 yang hingga kini masih melanda Kota Jambi. Diketahui, saat ini PPKM berskala Mikro di Kota Jambi kembali diperpanjang.

“Karna memang saat ini penanganan Covid-19 itu berbasis Mikro, artinya dilevel RT dan rumah tangga, dikordinasikan oleh seluruh lurah. Oleh karena itu peranan ketua RT sebagai tokoh diwilayah ditingkat RT ini menjadi sangat penting, kerna sistem lokalisasinya dan zonasinya sudah berbasis rumah tangga sekarang,”kata Wakil Wali Kota Jambi, Maulana seusai mengukuhkan Forum RT di Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, di aula Rumah Kito yang beralamat di Kompleks Puri Mayang, Jalan Serma Ishak Ahmad, Kelurahan Mayang Mengurai, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Jum’at (18/06/21).

Saat ini pandemi Covid-19 masih ada dan harus tetap diwaspadai. Sehingga Pemerintah Kota Jambi meminta dukungan para ketua RT agar mengingatkan warganya mengenai pentingnya protokol kesehatan, terlebih dimasa PPKM berskala Mikro saat ini.

“Kuning merahnya itu, isolasi, penanganan termasuk rumah isolasi itu harus ada di level RT. Oleh karena itu kami mengharapkan, dengan adanya forum komunikasi ini lebih intens lagi untuk meningkatkan peran di PPKM Mikro yang harus kita lakukan terus, karna Covid-19 masih ada,”jelas Maulana.

Sementara itu, Lurah Kenali Besar, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi, Mansur mengatakan, Pemerintah Kelurahan Kenali Besar bersama Forum ketua RT tidak bosan-bosannya mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan terhadap masyarakat di 73 RT yang ada di Kelurahan Kenali Besar.

Pemerintah Kelurahan dan Forum RT di Kelurahan Kenali besar tanpa jenuh terus mendisiplinkan warga agar patuh menggunakan masker dan mencegah kerumunan.

“Untuk penerapan protokol kesehatan kami juga sudah melaksanakan kegiatan setiap malam patroli bersama ketua Forum RT, bersama LPM. kami juga mengharapkan para ketua RT ini untuk meneruskan kepada warga masing-masing, untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Dengan menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan tidak berkerumun,”ucap Mansur.

Untuk kasus positif Covid-19 di Kelurahan Kenali Besar, kata Mansur, memang cukup besar, yakni terdapat 71 kasus. Namun warga yang terkonformasi positif Covid-19 tersebut terpencar-pencar dan tidak hanya berada di satu RT saja.

“Tetapi alhamdulillah banyak juga yang sembuh, sekarang tinggal 14 orang. Ini masih melaksanakan Isolasi mandiri. Mudah-mudahan semua sembuh seperti sedia kala,”tutup Lurah Kenali Besar mengakhiri keterangannya. (Eko)

  • Share