Ngabuburit di Rantau Rasau

  • Share

SELOKO.ID | TANJABTIM- Bulan suci Ramadan tahun 2021 ini masih terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelum masa Pandemi Covid-19.

Meski demikian, umat Muslim menyambut bulan puasa yang penuh berkah dan ampunan tersebut dengan kegembiraan.

Di kecamatan Rantau Rasau, kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi ini salah satunya.

Umat Muslim disini tampak begitu menikmati datangnya bulan puasa. Ngabuburit atau bersantai-santai sambil menunggu waktu buka puasa masih menjadi tradisi masyarakat di Rantau Rasau.

Mulai dari jalan-jalan menikmati sore hari, hingga berburu kebutuhan berbuka puasa atau takjil,sembari menunggu adzan magrib berkumandang.

Pada momen puasa Ramadan kali ini, para warga yang kebanyakan anak baru gede (ABG) berbondong-bondong mengunjungi jalan baru (JB) Sungai Puding, serta taman Rantau Rasau yang terletak tidak jauh dari kantor kecamatan Rantau Rasau.

Tidak hanya dari masyarakat kecamatan Rantau Rasau saja, warga dari kecamatan tetangga yakni kecamatan Berbak, Nipah Panjang dan kecamatan Muara Sabak Timur juga tampak mengunjungi dua lokasi favorit tersebut.

Sayangnya, akibat situasi Pandemi Covid-19, masyarakat yang ngabuburit tidak seperti bulan puasa sebelum Pandemi. Wabah Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus membatasi berbagai kegiatan di luar rumah, sehingga omset pedagang takjil pun ikut berkurang.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Yanie, penjual minuman Thai Tea,Teanol yang berlokasi di Jalan Baru SK 10.

“Semenjak masa Pandemi Covid-19 dari tahun lalu hingga kini agak sedikit berkurang orang belanja mas. Namun kami berharap semoga puasa tahun ini menjadi berkah dan ramai pembeli,”kata Yanie, Rabu (14/04/21).

“Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa 1442 Hijriah. Semoga kita semua kembali ke Fitrah, dan semoga Covid-19 yang melanda saat ini segera sirna dari mukabumi, amin,”ungkap Yanie (Hadisu)

  • Share