Polres Tanjab Barat Gelar Festival Arakan Sahur, Kearifan Lokal yang Terus Dipertahankan

  • Share
Kapolres dan Bupati Tanjab Barat Saat Menggelar Grand Final Festival Arakan Sahur Gema Membumi.
Kapolres dan Bupati Tanjab Barat Saat Menggelar Grand Final Festival Arakan Sahur Gema Membumi.

SELOKO.ID | TANJABBAR– Polres Tanjung Jabung Barat menggelar festival arakan sahur gema membumi tahun 2021.

Uniknya festival arakan sahur yang digelar untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan 1442 Hijriah ini memiliki nuansa yang berbeda, lantaran dilaksanakan secara online di tengah pandemi Covid-19.

Tradisi arakan sahur di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi merupakan salah satu kearifan lokal yang hingga kini terus dipertahankan.

Pelaksanaan festival arakan sahur dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Sabtu (08/05/21) malam, festival tradisi turun menurun bagi masyarakat Kuala Tungkal, yang digelar oleh Polres Tanjung Jabung Barat tersebut memasuki babak grand final.

Kapolres Tanjung Jabung Barat, AKBP Guntur Saputro menyampaikan, meski di tengah pandemi covid-19, masyarakat di Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjab Barat tetap dapat melaksanakan tradisi arakan sahur.

“Mudah-mudahan bedukan arakan sahur online ini bisa jadi pertanda kebersamaaan kita untuk mencegah penyebaran Covid-19 menuju hari kemenangan Idul Fitri. Tujuan kegiatan ini untuk menjaga tradisi Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang sudah turun temurun dilaksanakan. Dan dalam masa pandemi, tradisi ini tetap dilaksanakan secara online virtual,”kata AKBP Guntur Saputro.

Pada babak grand final festival arakan sahur ini, Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat ikut menyaksikan langsung secara virtual.

Menurut Anwar Sadat, arakan sahur secara virtual tersebut untuk menjaga tradisi yang sudah turun temurun ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Ini juga salah satu apresiasi dan cara agar anak muda kita selalu berkreasi dan melestarikan budaya daerah, meskipun dalam masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini tetap melaksanakan protokol kesehatan,” tutur Anwar Sadat.

“Kami atas nama bupati dan pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada 10 grand final. Kami yakin anak anak dapat menampilkan penampilannya yang handal dan terbaik,”tambahnya.

10 peserta grand final festival arakan sahur gema membumi Polres Tanjung Jabung Barat ini menampilkan arakan sahur secara online dengan durasi rata-rata 6-7 menit. Kegiatan ini juga dihadiri Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, Ketua DPRD H. Abdullah, Kadispora Otto Riadi, para dewan juri. (Iwan)

  • Share