Warga di Tanjab Barat Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3 Meter

  • Share
Kapolsek Pengabuan, IPTU Adi Purnawan Saat Berada di Lokasi Penangkapan Buaya. SELOKO.ID/Istimewa.
Kapolsek Pengabuan, IPTU Adi Purnawan Saat Berada di Lokasi Penangkapan Buaya. SELOKO.ID/Istimewa.

SELOKO.ID | TANJABBAR – Seekor buaya muara sepanjang 3 meter ditangkap warga di Desa Parit Bilal, Kecamatan Pangabuan, Kabupaten Tanjab Barat, Jambi dalam keadaan hidup, Senin (17/05/21).

Buaya muara ini ditangkap setelah warga resah dengan kemunculannya beberapa hari terakhir. Banyak hewan peliharaan warga seperti ayam, bebek dan itik dimangsa oleh predator sungai bergigi gergaji itu.

Penangkapan buaya oleh warga dilakukan dengan cara dipancing menggunakan umpan itik, kemudian di perangkap menggunakan jaring.

“Ya benar, ada seekor buaya ukuran 3 meter diamankan warga. Buaya langsung diamankan ke Polsek Pengabuan,”ujar Kapolres Tanjab Barat, AKBP Guntur Saputro.

Buaya tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi untuk penanganan lebih lanjut.

“Sebenarnya ada 3 buaya masuk ke sungai kecil Pangabuan, namun 1 ekor masuk perangkap jaring dan 2 lagi lolos. Masyarakat diimbau agar tidak mendekati sungai sementara demi keselamatan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Jambi, Farid saat dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan buaya oleh warga tersebut.

“Menurut laporan ada tiga buaya dan baru satu yang diamankan. Tim BKSDA saat ini turun ke lokasi untuk menangkap dua buaya lagi. Satu buaya yang diamankan akan dicek kesehatan, dan rencana akan dibawa ke tempat penyelamatan satwa di Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi,”jelasnya. (Red)

  • Share