107 Warga Vaksinasi di Pos Penyekatan di Kota Jambi

Ira, warga Jambi divaksinasi di pos penyekatan Aurduri I.
Ira, warga Jambi divaksinasi di pos penyekatan Aurduri I.

SELOKO.ID | JAMBI – Banyak warga yang ingin divaksinasi mengantri di pos penyekatan jalan masuk Kota Jambi yang berada di sekitar Aurduri I, Rabu (25/8).

Terdapat 107 orang yang divaksinasi COVID-19 di lokasi itu pada hari ini. Mereka dari kalangan mahasiswa, kalangan pekerja, dan ibu rumah tangga.

Nani Suryani (40), warga Telanaipura Kota Jambi, merupakan salah satu warga yang mendapatkan pelayanan vaksinasi di lokasi itu. Informasi tentang vaksin di pos penyekatan Aurduri I didapatkannya dari tetangga. Dia tidak merasakan masalah klinis setelah divaksinasi dosis pertama.

“Tidak rasa apa-apa setelah divaksinasi. Tahu dari warga di sini mengenai informasi vaksin di pos,” ujarnya, Rabu (25/8).

Sari Riski, warga Penyengat Olak, Muaro Jambi, menyampaikan dirinya memilih vaksinasi di lokasi itu, karena puskesmas di wilayah tempatnya tinggal sering ramai.

Lokasi pos penyekatan Aurduri I, kata Sari, aksesnya sejalan dengan tempatnya bekerja, sehingga lebih menghemat waktu.

“Di puskesmas tempat saya penuh, kalau di sini lumayan sepi. Karena sekalian berangkat kerja. Jadi, bisa cepat,” katanya.

Sari pun mengatakan baru menerima vaksinasi dosis pertama. Tidak ada masalah klinis setelah 30 menit divaksinasi di pos penyekatan Aurduri I.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Aurduri, Jumhari menyampaikan memang vaksinasi di lokasi itu diperuntukkan pada warga yang ingin masuk Kota Jambi.

Namun, bukan masalah dilakukan kepada warga Kota Jambi yang belum mendapatkan vaksin. Apalagi antusiasnya masih tinggi.

“Ini kan ide Gubernur Jambi untuk melakukan vaksinasi pada pengendara yang ingin masuk. Pada kenyataannya, warga sekitar datang ke sini. Selagi masih di wilayah kita dan NIK valid, dilayani,” tuturnya.

Puskesmas Aurduri, kata Jumhari, bertugas di pos penyekatan Aurduri I dari tanggal 24 sampai 25 Agustus tahun 2021. Setelahnya, bakal digantikan dengan puskesmas lain di Kota Jambi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati menyampaikan terdapat 100 vial vaksin yang siap digunakan di 4 pos penyekatan selama pengetatan PPKM 4 berlangsung. Sebanyak 1 vial cukup untuk disuntikan kepada 10 orang.

“Tidak target. Sebanyak-banyaknya kami lakukan vaksinasi. Kalau kurang, kita minta lagi ke Pemerintah Provinsi Jambi,” tuturnya.

Pelaksanaannya per hari, hanya sampai pukul 12.00 WIB. Sebab, vaksin tidak bisa berlama-lama keluar dari cold chain.

(Sob)