Sayid Fuad Keturunan Sultan Thaha Syaifuddin Dapat Dukungan Jadi Sultan Jambi

  • Share

SELOKO.ID | JAMBI – Sayid Fuad, keturunan pahlawan nasional Jambi, yakni Sultan Thaha Syaifuddin, mendapatkan seruan dukungan untuk diberikan gelar sultan Jambi.

Dukungan itu berasal dari berbagai kalangan pencinta sejarah, seperti akademisi dari Universitas Jambi, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin, Universitas Batanghari, Komunitas Batanghari Heritage dan lembaga lainnya.

Disampaikan, Akademisi Universitas Jambi Yusdi Anra menyampaikan, penobatan Sayid Fuad sebagai Sultan berdasarkan bukti-bukti sejarah dan stempel yang dimiliki Sayid Fuad sebagai keturunan generasi ke 6.

“Yang paling menarik ada stempel. Stempel itu digunakan Sultan Thaha Syaifuddin untuk mengirim surat ke Sultan Turki Utsmaniyah. Surat itu isinya meminta ke Sultan Turki Utsmaniyah agar dapat membantu mempengaruhi Belanda agar tidak menyerang Jambi,” katanya, Rabu, (10/11).

Saat ini, menurutnya, kita perlu melestarikan nilai-nilai budaya yang masih ada.

Terkait dukungan Sayid Fuad menjadi sultan, dirinya mengatakan dukungan itu murni dan tidak ada kepentingan politik didalamnya.

“Itu murni, tidak ada kepentingan politik. Mereka kepengen di negeri Jambi mempunyai sultan dan meminta pula di negeri Jambi memiliki istana sultan,” jelasnya.

Dirinya berharap pemerintah Provinsi Jambi dapat ikut mendukung kemajuan Provinsi Jambi ini.

Sementara itu, Sayid Fuad sendiri mengatakan bahwa ada bukti-bukti yang sudah dikemukakan melalui penelitian.

“Ada bukti-bukti seperti tambo atau silsilah yang ada di kita dan tersimpan di arsip nasional dan Leiden Belanda,” ungkapnya.

Kemudian, dirinya mengatakan kedepannya dia akan mengadakan seminar nasional, aupun internasional untuk memperkuat lagi hasil kajian oleh para peneliti kedepannya.

“Dalam waktu dekat akan coba kita undang juga para ahli-ahli dari Inggris, Belanda, dan Malaysia,” paparnya.

Dirinya berharap pemerintah Provinsi Jambi dapat membantu memfasilitasi kegiatan tersebut.

Diketahui, Sayid Fuad sebagai keturunan Sultan Thaha Syaifuddin generasi ke 6 masih menyimpan beberapa peninggalan sejarah seperti, keris, plat bahu, kalung, gelang, rompi dan stempel, dari peninggalan Sultan Thaha Syaifuddin.

Selain itu, ada beberapa poin yang disampaikan dalam deklarasi penetapan Sayid Fuad sebagai sultan, yaitu :

1. Dinobatkan Sayid Fuad sebagai Sultan negeri Jambi berdasarkan fakta dan data.

2. Segera bapak Sayid Fuad berkonsultasi kepada pimpinan daerah provinsi Jambi, lembaga Adat meminta saran bagi kemajuan provinsi Jambi kedepannya.

3. Memohon kepada pemerintah Provinsi Jambi untuk mendirikan istana sultan dan di anggarkan dalam APBD Provinsi Jambi di tanah pilih negeri Jambi, sehingga menjadi simbol budaya bagi kebanggaan masyarakat Jambi.

(K Sandi)

  • Share