Wakil Wali Kota Maulana Gelar Sosialiasi Perda Pembentukan FK RT

  • Share
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana.
Wakil Wali Kota Jambi, Maulana.

SELOKO.ID | KOTA JAMBI– Pemerintah Kota Jambi berharap Rukun Tetangga (RT) bisa berperan dalam membantu tugas-tugas pemerintahan daerah sebagai mitra Kelurahan dan kecamatan dalam pemberdayaan masyarakat.

Di Kota Jambi terdapat 1.642 RT, di 62 Kelurahan yang tersebar di 11 Kecamatan.

Untuk mewadahi ribuan RT itu, maka di Kota Jambi, kata Wakil Wali Kota Jambi, Maulana dibentuklah Forum Komunikasi Rukun Tetangga (FK RT), sebagai wadah bertukar pikiran dan pembahasan bersama dalam pelaksanaan tugas-tugas lembaga RT.

“Maka dari itu, kami sosialisasikan Perwal No 14 tahun 2021 tentang pembentukan forum komunikasi RT. Ini kami sampaikan agar, para RT mempunyai pemahaman yang sama. Forum ini sudah terbentuk, dan diharapakan dapat membentuk forum komunikasi RT tingkat Kota Jambi,” ujar Maulana.

Forum RT ini dibentuk dengan tujuan meningkatkan kelembagaan, membantu pemerintah menyampaikan visi-misi, serta partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung program pemerintah tahun 2022 mendatang.

“Apalagi, pada tahun 2022 mendatang kita memiliki visi-misi, yakni daya saing daerah melalui parawisata dan penguatan ekonomi. Ini tidak bisa terlepas dari peran masyarakat, itu tujuannya. Termasuk dalam konteks Musrenbang, nantinya forum RT harus berkomunikasi dahulu dengan masyarakat agar bisa menghasilkan usulan-usulannya yang prioritas,” terangnya.

Apalagi, dengan dibentuknya forum komunikasi RT ini, dapat memfasilitasi dan mengkoordinasikan upaya mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

“Tentunya dalam upaya meningkatkan daya saing dan kemandirian masyarakat dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, serta potensi dan keanekaragaman di wilayah masing-masing,” Bebernya.

Maulana juga berharap, peran forum komunikasi RT dalam hal membantu penanganan dan pencegahan Covid-19 di wilayah masing-masing.

(Eko)

  • Share